Latest Updates

Apa itu melamin?

Melamin? Mungkin kata ini sering anda dengar di acara berita beberapa bulan yang lalu. Ya, beberapa bulan lalu memang diberitakan bahwa di China ada merk susu tertentu yang didalamnya ditambahkan melamin yang bertujuan agar seolah-olah kandungan proteinnya tinggi. Akan tetapi justru zat tersebut menjadikan bahaya bagi yang mengkonsumsinya, tak tanggung-tanggung puluhan ribu bayi menjadi korbannya. Banyak sekali yang menderita gagal ginjal dan bahkan meninggal dunia.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah melamin itu?

Melamina adalah senyawa basa organik dengan rumus kimia C3H6N6 dan memiliki nama IUPAC 1,3,5-triazina-2,4,6-triamina. Ia hanya sedikit larut dalam air., kandungan nitrogennya sampai 66 persen, biasa didapat sebagai kristal putih. Melamin biasanya digunakan untuk membuat plastik, lem, dan pupuk.

Plastik dari melamin, karena sifat tahan panasnya, digunakan luas untuk perkakas dapur. Jadi, melamin yang kini diributkan berbeda dengan melamin plastik perkakas. Melamin yang diributkan ini adalah bahan dasar plastik melamin.

Berdasarkan informasi di situs WHO, pencampuran melamin pada susu berawal dari tindakan pengoplosan susu dengan air. Akibat pengenceran ini, kandungan protein susu turun. Karena pabrik berbahan baku susu biasanya mengecek kandungan protein melalui penentuan kandungan nitrogen, penambahan melamin dimaksudkan untuk mengelabui pengecekan agar susu encer tadi dikategorikan normal kandungan proteinnya.

Sangat disesalkan memang, produsen yang berlaku curang yang sangat merugikan konsumen, apalagi menyangkut nyawa manusia. Sebagai konsumen kita juga harus berhati-hati dalam memilih produk yang akan kita beli.

By Taslim Wahyudin

Mahasiswa tadris kimia IAIN Walisongo Semarang

0 Response to "Apa itu melamin?"

Posting Komentar